Sebut Kata ‘Bom’ di Bandara Pejabat dari Papua Ini Diamankan

bom

Ilustrasi (Sumber gambar: http://www.republika.co.id)

Seorang penumpang Lion Air bernama Yoseph Tabuni terpaksa diamankan otoritas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, setelah menyatakan ada ‘bom’ di tasnya, Kamis 5 Mei 2016.

Pada saat melalui pemeriksaan keamanan di SCP transit Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, sekitar pukul 23.00 Wita, Yosep menolak tas jinjingannya untuk diperiksa manual oleh petugas avsec.

Ketika ditanya apa isi botol dalam tasnya, yang bersangkutan kemudian mendorong petugas Avsec tersebut dan mengatakan isi tasnya adalah BOM.

Mendengar ucapan yang bersangkutan, petugas Avsec kemudian melakukan pemeriksaan manual terhadap tas tersebut, namun dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya BOM yang dimaksud.

Petugas Avsec lainnya kemudian melaporkan ke SCP Security Team Leader terkait kejadian tersebut dan selanjutnya dibawa ke Posko Security untuk proses introgasi bersama dengan pihak Lion Air, Polsek Bandara, TNI AU dan Otoritas Bandara Wilayah V.

Dari hasil introgasi diperoleh keterangan yang bersangkutan merupakan penumpang transfer Lion Air JT-926 dari Denpasar dan akan melanjutkan penerbangan ke Jayapura dengan menggunakan pesawat Lion Air JT-798.

Menurut pengakuan Yoseph, dia mengucapkan kata “BOM” tersebut karena emosi barangnya harus diperiksa.

Selanjutnya penerbangan yang bersangkutan dibatalkan dan diserahkan ke PPNS Kemenhub untuk proses lebih lanjut.

Setelah proses investigasi, Yoseph baru bisa melanjutkan perjalanan namun harus menandatangani surat pernyataan.

Yoseph sendiri merupakan Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Puncak Intan, yang baru saja mengikuti Diklat Kepegawaian, Administrasi dan sosialisasi Peraturan Pemerintah bersama tiga staff nya di Denpasar Bali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s