Diabetes atau Haid Tak Lancar, Cukup Obati dengan Tanaman Pagar ini

800px-Coleus_(Plectranthus_scutellarioides)_3

Sumber Foto:  commons.wikimedia.org

Namanya daun Iler (Coleus scutellarioides). Di berbagai daerah dikenal dengan berbagai nama seperti Jawer kotok (Sunda), kentangan (Jawa), adang-adang (Palembang), dan pilado (Minangkabau).

Selama ini kita mengenal tanaman ini hanya sebatas tanaman hias atau tanaman pagar. Mudah ditemukan di daerah manapun dengan warnanya yang khas hijau kecoklatan.

Tanaman ini memiliki batang berbentuk tegak dan merayap dengan tinggi batang pohonnya berkisar 30 cm sampai 150 cm, mempunyai penampung batang berbentuk berbentuk segi empat dan termasuk katagori tumbuhan basah yang batangnya mudah patah.

Daunnya berbentuk hati dan pada setiap tepiannya dihiasi oleh jorong-jorong atau lekuk-lekuk tipis yang bersambungan dan didukung oleh tangkai daun dan memiliki warna yang beraneka ragam. Sementara bunganya berbentuk untaian bunga bersusun, bunganya muncul pada pucuk tangkai batang.

Siapa sangka tanaman ini ternyata memiliki khaziat yang dahsyat untuk mengobati sejumlah penyakit, seeprti Diabetes, haid tak lancar, diare, demam, ambeien, keputihan, cacingan, dan beragam masalah kesehatan lainnya. Bagian yang biasanya digunakan untuk pengobatan adalah batang, daun dan bunga, dengan efek herbal sebagai karminatif, antimikroba, antioksidan dan emmenagoga.

Di Filipina, tanaman ini digunakan untuk pengobatan asma, angina, insomnia, radang mata, dipepsia, sinusitis, luka berdarah dan memar.

Beberapa resep pengobatan dengan menggunakan tanaman ini adahah:

  1. Diabetes

Bahan:

  • Daun iler 35 g
  • Adas (Foeniculum vulgare) 10 g

Cara membuat:

Daun Iler dicuci bersih, lalu bersama Adas direbus dalam 3 gelas air hingga tersisas 1 gelas. Angkat, saring, dinginkan. Minum dua kali sehari setiap pagi dan sore hari.

  1. Haid tak lancar

Bahan:

Daun Iler kira-kira segenggam dicuci hingga bersih, lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Angkat, saring, lalu dinginkan. Minum 1 kali sehari menjelang haid.

 

Sumber: Herbal Indonesia Berkhasiat Vol 10, 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s